Kamis , Februari 21 2019
Home / Sabung Ayam / Cara Mencegah Flu Burung Pada Ayam Aduan
sabung-ayam

Cara Mencegah Flu Burung Pada Ayam Aduan

Tips Mencegah Flu Burung Pada Ayam Aduan

Flu burung atau juga sering disebut dengan penyakit ayam kampung aratan merupakan salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti peternak.ads

Flu burung bisa terjadi pada hewan ternak karena virus H5N1 yang bisa bertahan dalam kotoran hewan unggas seperti ayam, air dan juga tanah dalam kandang ketika suhu dingin selama beberapa minggu.

Ketika cuaca sedang tidak menentu atau sedang masuk musim hujan, maka virus tersebut akan keluar dan membuat hewan unggas yang terserang virus ini akan mati.

Ayam yang terkena flu burung akan memperlihatkan beberapa ciri yang khas seperti selalu haus dan minum air putih terus menerus, cengger dan juga kepala terlihat membengkak serta warna yang agak kebiruan, terjadi pendarahan merata pada kaki ayam seperti kerokan, diare, kerabang telur agak lunak, keluar lendir dari bagian hidung, mulut dan juga mata seperti air putih namun tidak kental.

Jika masalah ini terjadi pada ternak ayam anda, berikut kami punya beberapa cara mengatasi flu burung pada ayam yang bisa anda coba di rumah.

  1. Ramuan Herbal

Ramuan herbal bisa digunakan untuk mengatasi flu burung pada ayam atau ternak lain.

Meski memang menggunakan bahan herbal, namun penggunaannya tetap harus dilakukan dengan hati hati sehingga masker atau penutup harus selalu digunakan ketika akan memberikan ramuan herbal tersebut dalam cara memelihara ayam petelur.

  • Haluskan temulawak, kunyit, bawang putih, daun pepaya dan telur puyuh menjadi satu hingga halus.
  • Jika masih terlalu kental, bisa ditambahkan dengan sedikit air atau telur puyuh mentah kembali.
  • Minumkan campuran ini pada ayam sebanyak dua kali sehari yang sekaligus juga bisa menambah nafsu makan ayam.
  1. Kunyit

Kunyit dianggap menjadi salah satu obat yang sangat efektif tidak hanya bagi manusia namun juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit pada unggas seperti flu burung.

Dalam kunyit mengandung senyawa kurkumin yang bisa memberikan efek anti virus kuat, anti jamur, anti kanker dan juga sifat anti bakteri.

Kurkumin juga menjadi antioksidan yang sangat kuat untuk melawan radikal bebas yang merusak sistem kekebalan seperti flu burung tersebut.

  1. Bawang Putih

Bawang putih juga menjadi obat alami yang ampuh untuk melawan infeksi secara efektif seperti flu burung pada ayam termasuk untuk cara merawat ayam aduan muda.

Ini juga sudah digunakan selama berabad abad untuk karakteristik anti virus serta antibiotik sehingga aman digunakan untuk mengatasi flu burung pada hewan ternak.Sponsors Link

  1. Astragalus

Ramuan yang terbuat dari astragalus bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam sekaligus mengurangi kerentanan tubuh ayam terhadap flu burung.

Astragalus mempunyai kemampuan anti virus dan sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai jenis flu termasuk flu burung.

Astragalus sudah diuji untuk sel darah putih sehingga bisa lebih meningkat untuk melawan virus penyebab flu burung tersebut.

Anda bisa memperoleh ekstrak astragalus ini dengan cara menyeduh akar astragalus yang sudah dibersihkan dengan secangkir air selama beberapa menit dan diminumkan pada ayam setiap hari.

Nantinya, ekstrak astragalus ini akan mendukung sumsum tulang dengan cara meningkatkan produksi interferon sekaligus membangun sel darah untuk melawan virus penyebab flu burung pada ayam.

  1. Echinacea

Echinacea merupakan ramuan obat yang memiliki kemampuan anti virus luar biasa. Ini dikenal bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus untuk cara mengobati ayam sakit flu burung.

Echinacea ini bahkan bisa digunakan untuk mengatasi semua jenis flu dan infeksi virus lain baik untuk manusia atau hewan seperti unggas.

Echinacea ini bisa memurnikan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bahkan sudah masuk dalam daftar pengobatan rumahan untuk mengatasi flu burung.

Echinacea bisa didapatkan dalam segala bentuk namun biasanya dijual dalam bentuk ekstrak.

  • Ambil akar echinacea kering atau juga bisa memakai bubuk akar echinacea.
  • Rebus 2 cangkir air dengan 1 sendok makan bubuk echinacea tersebut dan biarkan mendidih selama 15 menit.
  • Sesudah air berkurang sampai setengahnya, maka segera berikan pada ayam sesudah dingin atau hangat.
  • Berikan larutan ini sebanyak 2 kali sehari hingga sembuh.

About Lusiana Liu

Saya adalah seorang penulis artikel yang sangat menggemari permainan taruhan.

Check Also

ayam-petarung

Cara Memelihara Ayam Aduan Muda

Cara Memelihara Ayam Aduan Muda Biasanya ada beberapa kesalahan yang sering di lakukan para pemilik …